menu melayang

Tips Memilih Saham yang Menguntungkan

Ojek-Bro - Salah satu bentuk investasi yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah saham. Namun, yang menjadi masalah adalah bisnis saham seperti ini biasanya membutuhkan dana yang cukup banyak, oleh sebab itu membuat banyak orang kurang tertarik dalam investasi saham seperti ini. Selain itu, harga saham juga cenderung selalu berubah-ubah bergantung dengan kondisi sosial ekonomi yang terjadi saat itu.

Tips Memilih Saham yang Menguntungkan
Tips Memilih Saham yang Menguntungkan

Hal-hal seperti itulah yang membuat banyak orang khususnya masyarakat awam yang akan berpikir ulang bila ingin menginvestasikan dana yang mereka miliki dalam investasi berbentuk saham. Lalu, bagaimana cara yang tepat agar dapat jeli memilih saham yang mampu menghasilkan keuntungan bagi anda? Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat anda jadikan sebagai pertimbangan ketika anda akan memilih saham :

Cari tahu informasi mengenai perusahaan yang sahamnya akan anda beli

Ketika anda akan membeli saham sebuah perusahaan setidaknya anda mengetahui produk apa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dan bagaimana sepak terjang perusahaan tersebut apakah kondisinya selalu berkembang dan sehat. Bila anda kurang mahir dalan menganalisis laporan keuangan dari perusahaan tersebut, sebaiknya anda meminta bantuan seorang ahli yang dikenal dengan istilah broker. Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu berspekulasi dengan memilih investasi jangka pendek. Meskipun investasi jangka pendek memiliki potensi yang lebih menguntungkan, namun tentu saja investasi tersebut juga memiliki resiko lebih besar.

Usahakan untuk memilih perusahaan yang rutin membagikan dividen

Dividen merupakan bagian setiap penanam saham atas laba perusahaan. Bila sebuah perusahaan mampu rutin membagikan dividen itu artinya perusahaan tersebut bekerja dengan sehat. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah perusahaan yang memiliki rekam jejak pembagian dividen yang tinggi, namun usahakan pula anda mencari informasi mengenai beberapa perusahaan yang tercatat memiliki pembagian dividen yang tinggi, agar anda mampu membandingkannya.

Pastikan kondisi keuangan anda sangat stabil untuk melakukan investasi saham

Pastikan kondisi keuangan anda dalam keadaan yang sangat stabil, sehingga anda benar-benar dapat menyisihkan dana yang akan digunakan untuk investasi saham dan dana yang telah diinvestasikan tersebut tidak diotak-atik sampai akhirnya menghasilkan keuntungan yang sesuai dengan harapan.

Artikel Terbaru

Related Post

Back to Top