menu melayang

Berbagai Tantangan Dalam Menjalankan Bisnis Online

Untuk meraih sukses dalam menjalankan usaha bisnis apapun termasuk bisnis online banyak tantangan dan kendala yang menghadang dan harus kita hadapi dengan penuh kesabaran. Untuk itu ketika kita berniat untuk menjalankannya harus sudah siap dengan apa yang bakal terjadi selama menempuh perjalanan usaha yang kita jalankan.

Tantangan Dalam Menjalankan Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis online jenis apapun pada dasarnya sama yaitu menggunakan kekuatan sebuah website atau blog sebagai sarana yang digunakan untuk menempatkan produk-produk yang akan kita jual, seperti toko online, affiliate marketing, prublisher iklan, dan sebagainya.

Untuk itu maka kita perlu membangun sebuah website yang mampu mendatangkan sejumlah pengunjung yang tertarget sesuai dengan jenis produk yang akan kita jual. Sebuah website yang mampu mendatangkan pengunjung yang melimpah sesuai target jenis produk yang kita jual, maka website tersebut akan menjadi lapak penghasil uang bagi pemiliknya.

Namun untuk memiliki sebuah website seperti dimaksud bukanlah sesuatu yang mudah, sebab memerlukan ketekunan, keuletan, kesabaran, serta pengetahuan dalam membangun sebuah website seperti itu. Bahkan untuk dapat memiliki sebuah website yang mampu menarik sejumlah pengunjung yang banyak kita harus berhadapan dengan sejumlah pesaing yang mungkin ribuan atau bahkan ratusan ribu website.

Untuk mampu bersaing dengan sejumlah pesaing tersebut kita harus sabar dan tidak perlu berkecil hati apalagi berputus asa di tengah-tengah perjalanan kalah sebelum berperang. Untuk menghadapi sejumlah webmaster yang jumlahnya tidak sedikit, kita harus mampu menambah pengetahuan jangan sampai ketinggalan, terutama dalam urusan pengetahuan optimalisasi website atau blog (SEO).

Sebuah website atau blog yang optimal (SEO) akan mendapat pengunjung gratis melalui search engine atau Google. Salah satu alat untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website diantaranya kita harus mengikuti tata cara dan aturan webmaster agar blog kita menjadi SEO friendly. Mendaftarkan web/blog pada webmastertools pada Search Engine merupakan keharusan agar website kita menjadi SEO friendly. Untuk itu blog kita bisa didaftarkan ke  Google Webmastertools dan Bing Webmastertools (Yahoo dan Bing).

Bukan hanya itu, masih banyak lagi yang harus dilakukan agar blog/web bisnis online kita optimal di search engine, kita harus secara konsisten mengisi blog/web dengan konten-konten yang bermutu, terutama artikel yang memiliki kualitas baik, original, berguna dan merupakan informasi yang banyak dicari orang. Artikel yang berkualitas, selain memiliki isi yang baik, juga dalam penulisannya juga baik, ditulis dengan bahasa yang baik dan mudah difahami.

Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam mengoptimalkan website yang kita gunakan sebagai lapak bisnis online, rasa bosan dan jenuh, rasa kurang percaya diri, perasaan malas merupakan kendala yang menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online.

Itulah selintas mengenai tantangan dan kendala dalam menjalankan bisnis online, yaitu begitu sulitnya untuk membangun sebuah blog/web yang dapat mendatangkan pengunjung calon pembeli produk yang akan kita jual.

Artikel Terbaru

Related Post

Back to Top