menu melayang

Bingung HP Samsung Anda Asli atau Tidak? Simak Cara Mengecek Keaslian HP Samsung

Cara Mengecek keaslian hp Samsung – Pada era teknologi saat ini, semua mengalami perkembangan yang pesat termasuk dunia smartphone. Salah satu smarthpone yang mengalami perkembangan pesat dan memiliki banyak pengguna di Indonesia adalah Samsung.

Vendor ini sudah dikenal sejak lama oleh pengguna smarthpone tanah air. Bahkan sebelum teknologi smartphone mengalami perkembangan pesat seperti yang terjadi saat ini. Nama besar yang dimiliki Samsung ternyata banyak disalahgunakan oleh beberapa oknum yang ingin memperoleh keuntungan dengan cara yang tidak benar.

Oknum ini membuat smartphone Samsung palsu yang biasa kita kenal KW atau replika yang tampilan luarnya sama akan tetapi hardwarenya berbeda. Beredarnya Samsung KW ini pasti membuat semua pengguna setia Samsung resah dan khawatir karena takut nantinya membeli smartphone Samsung yang ternyata adalah barang KW. Oleh sebab itu, untuk berjaga-jaga Anda perlu mengetahui cara mengecek keaslian hp samsung sebelum membelinya. Peredaran HP Samsung KW ataupun rekondisi saat ini sudah cukup luas. Bahkan ada beberapa oknum yang menjual HP tersebut pada gerai ponsel ataupun di toko online.

Cara Mengecek Keaslian HP Samsung

Mengetahui cara mengecek keaslian hp samsung asli ataupun palsu sangat perlu Anda lakukan. Mengapa demikian? karena untuk mengantisipasi jika sewaktu ingin membeli HP Samsung anda tidak mengalami penipuan. Ada beberapa cara mengecek keaslian hp samsung asli yang bisa anda ikuti. Berikut beberapa di antaranya, jadi simak baik-baik yah.

Cara Mengecek Keaslian HP Samsung
Cara Mengecek Keaslian HP Samsung


1. Cek nomor IMEI

Cara cek HP Samsung asli yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan kesamaan nomor IMEI yang tercantum di kardus HP dengan IMEI yang terdapat pada sistem HP Samsung. Bagaimana cara melakukannya? Anda tinggal dial ke *#060 pada aplikasi telepon. Setelah itu akan muncul tampilan kode unik IMEI HP yang anda gunakan. Setelah itu, anda tinggal mengecek apakah kode IMEI yang muncul tersebut sama dengan kode IMEI yang ada pada kardus HP. Jika kedua kode tersebut berbeda, maka bisa dipastikan bahwa HP Samsung mu tidak asli.

Anda juga bisa mengecek nomor IMEI dengan mengunjungi situs IMEI.info. Langkah ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah HP yang anda gunakan asli atau tidak. Anda tinggal mengetikan nomor IMEI yang ada pada sistem HP pada kolom nomor IMEI yang ada di situs tersebut. Kemudian klik check pada tulisan I'm not a robot.

Jika situs tersebut menampilkan informasi mengenai HP yang anda gunakan disertai dengan nama brand Samsung, maka HP yang anda gunakan itu asli. Namun, anda juga harus melihat apakah model yang tertera di situs tersebut sama dengan model HP Samsung yang anda gunakan.

2. Gunakan LCD Test

Jika Anda sudah membeli HP Samsung namun ragu dengan keasliannya, Anda bisa mengecek keaslian hp samsung dengan cara menggunakan LCD Test. Caranya pun sangat gampang, anda tinggal dial ke *#0*# pada aplikasi telepon. Kemudian pada ponsel akan muncul LCD test. Dari LCD tes ini anda dapat mengetahui beberapa informasi ponsel yang anda gunakan mulai dari layar sentuh, suara, kamera, getaran, warna dan lain sebagainya.

Selain itu, cara mengecek keaslian hp samsung asli atau palsu juga bisa dilakukan dengan melihat spesifikasi yang dimiliki HP. Selain melihat keterangan spesifikasi di kardus HP,  Anda juga harus melihat langsung spesifikasi HP yang Anda gunakan dengan melakukan dial ke *#*#4636#*#*. Layar akan memunculkan spesifikasi yang dimiliki HP anda. Akan tetapi jika HP yang Anda gunakan KW atau rekondisi maka spesifikasi ini tidak akan muncul.

3. Samsung Kies

Mungkin cara yang satu ini masih asing terdengar. Namun melalui Samsung Kies kita bisa mengecek keaslian HP Samsung yang Anda gunakan melalui software resmi milik Samsung. Namun terlebih dahulu kamu harus instal software Samsung Kies di laptop atau PC.

Setelah Samsung Kies terinstal, Anda tinggal menghubungkan HP yang Anda miliki ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel data. Setelah itu pada layar PC atau laptop akan muncul informasi bahwa HP Anda sudah terhubung. Itu menandakan bahwa HP yang Anda gunakan memang asli.

Namun, apabila setelah HP dihubungkan tidak ada informasi yang muncul bahwa HP sudah terhubung, maka HP Samsung yang Anda miliki bisa saja adalah palsu.

Nah, itulah beberapa cara mengecek keaslian hp samsung yang Anda miliki. Anda bisa memilih cara mana yang paling mudah untuk Anda ikuti. Namun, agar lebih akurat Anda bisa mencoba semua cara di atas. juga bisa mengecek nomor IMEI dengan mengunjungi situs IMEI.info. Langkah ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah HP yang kamu gunakan asli atau tidak. Kamu tinggal mengetikan nomor IMEI yang ada pada sistem HP pada kolom nomor IMEI yang ada di situs tersebut. Kemudian klik check pada tulisan I�m not a robot.

Jika situs tersebut menampilkan informasi mengenai HP yang kamu gunakan disertai dengan nama brand Samsung, maka HP yang kamu gunakan itu asli. Namun, kamu juga harus melihat apakah model yang tertera di situs tersebut sama dengan model HP Samsung yang kamu gunakan.

Artikel Terbaru

Related Post

Back to Top