menu melayang

Ingin Memulai Bisnis Sewa Mobil? Perhitungan Modal dan Keuntungannya

Dengan munculnya berbagai fasilitas keamanan mobil, seperti peralatan pelacak dan asuransi, membuat peluang bisnis penyewaan mobil menjadi sangat diminati. Meski ada banyak yang membuka usaha rental mobil, namun sampai saat ini masih terbuka peluang yang cukup luas untuk masuk dalam ide bisnis yang menguntungkan ini.

Bisnis Sewa Mobil, Perhitungan Modal dan Keuntungannya
Bisnis Sewa Mobil, Perhitungan Modal dan Keuntungannya

Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis penyewaan mobil, hal berikut harus diperhatikan:

Memulai Bisnis Sewa Mobil

Kuatkan dan pastikan Anda secara mental terlibat dalam bisnis ini. Setiap bisnis ada resiko, mantabkan diri anda untuk menerima resiko yang akan anda dapatkan. Begitu Anda mantab untuk terjun dalam bisnis ini, mulailah dari tahap terkecil. Karena bisnis yang baik adalah yang dimulai segera, tidak tertunda dan hanya dirancang-dirancang.

Hal terpenting yang harus Anda siapkan adalah modal. Setelah selesai dalam urusan permodalan, silahkan ikuti tips di bawah ini:

  • Temukan lokasi bisnis yang terlihat dan mudah diakses orang, sehingga memudahkan calon pelanggan Anda.
  • Perhatikan jenis kendaraan yang saat ini menjadi favorit masyarakat. Untuk sewa biasanya lebih cenderung membutuhkan mobil yang memiliki tempat duduk agak banyak, sehingga bisa menampung lebih banyak orang. Umumnya orang lebih suka mobil keluarga daripada yang lain.
  • Selain memilih kendaraan yang disukai orang, perhatikan pula biaya perawatannya. Karena itu pilihlah merek kendaraan yang suku cadangnya mudah didapat sehingga bisa menghemat biaya operasional yang dikeluarkan.
  • Temukan asuransi kendaraan terbaik, coba cairan yang berkualitas dan mudah. Hal ini sangat penting bagi mobil sewaan untuk mengurangi resiko kerugian jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Buat pembukuan yang bagus dan lengkap. Simpan data pengguna dan kondisi mobil selalu terekam secara detail.
  • Buat jaringan bisnis untuk bisnis Anda. Bisa menghadiri seminar bisnis, juga bisa bergabung ke dalam organisasi bisnis di wilayahnya.
  • Menyediakan supir yang benar-benar disiplin, disiplin, dapat dipercaya dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Jangan mempercayai mobil sewaan Anda kepada supir yang gemar sembrono dalam berkendara.
  • Sebelum Anda benar-benar terjun ke dunia bisnis penyewaan mobil, hitunglah keseimbangan pertama antara modal yang akan dikeluarkan dan potensi keuntungan yang bisa didapat.

Pastikan Keuntungan Anda

Ini penting. Dalam bisnis sering hal ini diabaikan, karena dalam rasio banyak orang berpikir bahwa nama bisnis pasti mencari keuntungan. Tapi sebenarnya tidak sesederhana itu, mencari keuntungan harus diukur agar bisnis bisa terus berjalan, berjalan lancar. Bandingkan modal yang harus dikeluarkan dengan keuntungan yang dihasilkan, apakah tepat. Jika Anda profit sesuai dengan modal yang dikeluarkan maka silahkan untuk memulai bisnis rental mobil ini.

sewa mobil bisnis

Agar lebih jelas dalam perhitungan modal dan keuntungan, silahkan lihat analisa berikut ini:

Pilih Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Konsumen biasanya lebih memilih mobil baru daripada mobil bekas, meski tarifnya sedikit lebih mahal. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk mobil baru biasanya juga lebih kecil, setidaknya sampai umur mobil 3 tahun. Urusan terkait asuransi akan lebih mudah dan lancar jika mobil diasuransikan adalah mobil baru. Karena asuransi itu diperlukan untuk kendaraan sewa.

Sedangkan keuntungan saat menggunakan mobil bekas ada pada sisi pembelian yang lebih murah. Selain itu, umumnya aksesoris mobil seperti kaca jendela biasanya sudah terpasang, jadi tidak perlu biaya lagi untuk membelinya.

Beli dengan Kredit atau Tunai?

Sebenarnya yang terbaik adalah dengan membeli uang tunai, karena tidak perlu lagi membayar cicilan setiap bulannya. Selain itu, tidak perlu lagi khawatir akan dikunjungi oleh deb collector karena menunggak cicilan bulanan.

Tetapi jika modal Anda terbatas untuk membeli mobil yang akan disewa secara tunai, Anda bisa membelinya secara kredit. Anda harus mengharapkan bahwa Anda mampu membayar cicilannya. Karena kalau tidak, cara membeli mobil secara kredit justru bisa menghancurkan bisnis Anda, malah mengganggu keuangan Anda di kes.

Anda juga bisa bermitra menjadi driver BroCar bersama OjekBro. Lihat cara daftar Driver OjekBro

Artikel Terbaru

Related Post

Back to Top